Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) tahun 2025 pada Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi momentum penting bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan kreatif dan teknis yang telah dipelajari selama tiga tahun terakhir. Melalui kegiatan ini, siswa diuji dalam merancang karya visual yang sesuai kebutuhan industri, mulai dari proses observasi, brainstorming, eksekusi desain, hingga presentasi akhir. Dokumentasi berikut merangkum rangkaian aktivitas yang berlangsung selama kegiatan, dan menggambarkan bagaimana siswa mempraktikkan keterampilan desain secara nyata dan profesional.
UKK [UJI KOMPETENSI KEAHLIAN]
Desainner grafis melakukan pemecahan visual, mencari tahu tentang produk, layanan, perusahaan dll. Untuk menemukan solusi yang tepat untuk masalah yang di hadapi Digitalisasi logo dan elemen-elemen visual, Menu Penerapan desain pada media promosi instagram.
Tema kuliner adalah konsep yang berkaitan dengan makanan dan minuman yang menjadi fokus dalam sebuah karya atau proyek, baik itu dalam desain, seni, atau pemasaran. Tema ini dapat mencakup berbagai aspek, seperti:
1. Jenis Makanan: Menggambarkan berbagai masakan dari berbagai budaya, seperti masakan Asia, Eropa dan lainnya.
2. Estetika Makanan: Memperlihatkan cara penyajian makanan yang menarik, termasuk plating, warna, dan tekstur.
3. Pengalaman Makan: Menyampaikan suasana atau pengalaman di restoran atau kafe, seperti suasana santai, formal, atau trendi.
4. Nilai Kesehatan: Menyoroti makanan sehat, organik, atau ramah lingkungan, seringkali dengan informasi tentang manfaat kesehatan.
5. Cerita dan Tradisi: Menggali asal-usul atau tradisi di balik makanan tertentu, memperlihatkan budaya dan nilai-nilai yang terkait.
6. Harga Makanan: Menampikan harga makanan, yang bervariasi dan menarik. Dengan tema kuliner, berbagai elemen tersebut bisa digabungkan untuk menciptakan narasi visual yang menarik, mendidik, atau menggugah selera.
UKK Kelompok 1 Desain Komunikasi Visual dilaksanakan pada tanggal 13-14 oktober 2025.
PSAJ UMUM PROJEK KOLABORASI
Proyek lintas mata pelajaran ini dirancang sebagai bentuk asesmen sumatif akhir jenjang bagi peserta didik kelas XII SMK Negeri 2 Purwokerto. Proyek mengintegrasikan capaian pembelajaran dari kelompok mata pelajaran umum untuk menghasilkan produk karya dan presentasi reflektif yang menunjukkan penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara terpadu. Tema proyek yang digunakan adalah “Kampanye Digital Kearifan Lokal” . PSAJ Umum dilaksankan dari tanggal 10-14 November 2025 secara berkelompok.
Kelompok 1 PSAJ Umum berkunjung ke rumah pengrajin batik
Proses Pengambilan data untuk kelengkapan projek
PSAJ KEJURUAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Proyek lintas mata pelajaran ini dirancang sebagai bentuk asesmen sumatif akhir jenjang bagi peserta didik kelas XII SMK Negeri 2 Purwokerto. Proyek mengintegrasikan capaian pembelajaran dari kelompok mata pelajaran kejuruan untuk menghasilkan produk karya dan presentasi reflektif yang menunjukkan penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara terpadu. Di laksanakan pada tanggal 17 - 21 November 2025
1. Briefing dan Pembagian Tugas
Kegiatan diawali dengan sesi briefing yang dipimpin oleh guru penguji. Pada tahap ini siswa menerima penjelasan mengenai alur pekerjaan, kriteria penilaian, serta ketentuan teknis yang harus dipenuhi. Briefing juga digunakan untuk memastikan setiap peserta memahami konsep proyek desain yang akan dikerjakan.
2. Proses Desain dan Eksplorasi Ide
Setelah briefing, siswa mulai melakukan eksplorasi konsep melalui sketsa manual maupun pemetaan ide. Tahap ini menjadi fondasi kreativitas dimana peserta mencoba menemukan gaya visual terbaik untuk karya mereka.
Kelompok 2 PSAJ Kejuruan saling mengerjakan tugas kelompok masing-masing
3. Tahap Produksi dan Revisi Karya
Memasuki tahap produksi, siswa mulai mengeksekusi desain menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Illustrator, Photoshop, atau aplikasi lain yang relevan. Guru pembimbing memberikan arahan dan umpan balik secara berkala agar karya yang dihasilkan semakin matang.
4. Presentasi Final dan Penilaian
Setelah karya selesai dirancang, siswa mempresentasikan hasil desain mereka di hadapan penguji. Pada tahap ini peserta menjelaskan konsep, proses pembuatan, serta alasan pemilihan elemen visual dalam karya. Presentasi final ini juga menjadi sarana latihan komunikasi profesional—keterampilan penting di dunia industri kreatif.
Melalui rangkaian kegiatan UKK dan PSAJ ini, siswa Program Keahlian DKV mendapatkan pengalaman nyata dalam proses kerja seorang desainer, mulai dari perencanaan, produksi, hingga presentasi profesional. Selain menjadi ajang evaluasi kompetensi, kegiatan ini juga memperkuat kesiapan siswa dalam memasuki dunia industri kreatif yang menuntut kreativitas, kedisiplinan, dan kemampuan berpikir kritis. Dokumentasi yang disajikan dalam artikel ini diharapkan dapat menjadi rekam jejak pembelajaran sekaligus motivasi bagi siswa angkatan berikutnya.


.jpeg)
.jpeg)







0 Komentar